Jenderal (Purn) Djoko Santoso Dimakamkan

Senin, 11 Mei 2020 | 05:30 WIB

Mantan Panglima TNI Djoko Santoso dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Minggu (10/5). Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Prosesi pemakaman Jenderal (Purn) Djoko Santoso digelar dengan mengikuti standar protokol kesehatan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam Prosedur Tetap (Protap) Upacara Pemakaman Militer pasukan pemakaman  berjumlah satu kompi atau 120 personel. Sementara dalam pemakaman Jenderal (Purn) Djoko Santoso di tengah pandemi Covid-19, jumlah pasukan dalam upacara pemakaman sebanyak 40 personel.

Jenderal (Purn) Djoko Santoso meninggal pada Minggu pagi (10/5) di RSP Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta. Almarhum putra dari Alm. H. Djoko Soedjono.

Dalam upacara pemakaman, Panglima TNI mengatakan almarhum meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran Negara dan Bangsa.

“Semoga jalan Dharma Bhakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” ujar Panglima TNI.

Selama berdinas, Jenderal (Purn) Djoko Santoso dianugerahi berbagai penghargaan Bintang Jasa/Tanda Jasa diantaranya Bintang Dharma, Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya dan Satyalencana Seroja.

Sebagai wujud penghormatan terakhir dan bela sungkawa atas meninggalnya mantan Panglima TNI ke-16, Tentara Nasional Indonesia menyatakan berkabung mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari (10-17 Mei 2020) di seluruh jajaran TNI di seluruh Indonesia.

(Foto: Tim RMOL.id)