Shalat Jumat Pertama New Normal

Sabtu, 06 Juni 2020 | 09:12 WIB

Sesuai arahan Presiden dan Surat Edaran Menteri Agama No. SE 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi, Jumat (5/6), Kesekretariatan Lembaga Kepresidenan mulai menerapkan protokol kenormalan baru dengan menyelenggarakan ibadah shalat Jumat.

Ibadah shalat dilakukan di lima lokasi, yaitu: Masjid Baiturrahim, Masjid Baiturrahman, Gedung Krida Bhakti, Lobi Gedung 1 Kementerian Sekretariat Negara, dan Aula Serba Guna, Gedung 3, Lantai 1, Kementerian Sekretariat Negara. Pelaksanaan ibadah tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Presiden Joko Widodo melaksanakan shalat Jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan.

Shalat Jumat ini merupakan yang pertama kali diadakan kembali sejak pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Tiba sekira pukul 11.47 WIB, Kepala Negara tampak mengenakan masker dan dilakukan pemindaian suhu tubuh sebelum masuk ke dalam masjid.

Setibanya di masjid, Presiden terlebih dahulu melaksanakan salat sunat tahiyyatul masjid. Adapun yang bertindak sebagai imam dan khatib dalam salat Jumat kali ini yaitu Sudarjat dan bertindak sebagai muazin yaitu Apif Syarif Hidayat.

Dalam khotbahnya, khatib mengajak jemaah untuk terus meningkatkan iman dan takwa setelah beribadah puasa di bulan Ramadan. Khatib juga berharap agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

"Saat ini bangsa Indonesia dan seluruh bangsa-bangsa di dunia sedang menghadapi ujian yang sangat berat dari Allah Swt., yaitu pandemi Covid-19. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama ini semua akan segera berakhir," kata khatib seperti dikutip dari Setneg.go.id.

(Foto: Tim RMOL.id)