Jak Wifi, Karena Internet untuk Semua

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 00:10 WIB

Pada masa pandemi ini, begitu banyak dari kita yang harus mengubah pola belajar, pola kerja. Sesuatu yang biasanya dikerjakan jarak dekat, sekarang serba dikerjakan jarak jauh. Mengubah kebiasaan di satu sisi adalah tantangan, tapi sisi lainnya adalah peluang.

Begitu antara lain dikatakan Gubernur DKI Jakarta ketika meluncurkan program Internet Untuk Semua - JakWIFI, Kamis (28/8).

JakWIFI adalah program peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penyediaan wifi gratis tersebar di 5 wilayah Kota dan 1 Kabupaten Administrasi, terutama di kawasan padat penduduk.

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) dan PT Bali Towerindo Sentra untuk memajukan Jakarta dengan memanfaatkan peluang perubahan di masa pandemi.

Kehadiran JakWIFI bertujuan lebih luas, bukan hanya untuk pendidikan, tetapi juga bagian dari penyediaan infrastruktur kota dan perluasan akses internet untuk kebutuhan masyarakat yang melingkupi banyak sektor, dari pendidikan, ekonomi/usaha, layanan pemerintah, dan komunikasi warga.

“Kita berharap nantinya dengan ada akses wifi gratis ini, maka masyarakat di Jakarta bisa terlibat di dalam kegiatan digital, bukan semata-mata sebagai konsumen atas informasi yang ada di dunia digital. Tapi, kita berharap masyarakat Jakarta bisa menjadi content creator, bisa menjadi supplier konten,” ujar Gubernur Anies Baswedan.

Saat ini tersedia 4.956 titik akses JakWIFI yang terus ditingkatkan kapasitasnya secara bertahap. Perluasan penyediaan akses internet ini ditargetkan lebih dari 9.000 titik akses selama dua bulan ke depan.

“Untuk informasi lokasi titik akses JakWIFI beserta perluasannya dapat dilihat melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini),” ujarnya lagi.

(Foto: Tim RMOL.id)