The Nordic Bicycling Event

Jumat, 06 November 2020 | 18:40 WIB

Duta Besar Uni Eropa, Denmark, Swedia, Norwegia, dan Finlandia mendukung penggunaan transportasi sepeda dengan mengadakan kegiatan The Nordic Bicycling Event (Kamis, 5/11).

Jakarta dipilih untuk mengampanyekan kehidupan perkotaan yang sehat dan berkelanjutan serta transportasi ramah lingkungan. Kegiatan ini bagian dari EU Climate Diplomacy Week 2020.

Dalam laman Facebooknya, Gubernur Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada para Dubes negara-negara Nordik yang sudah ikut merasakan dan merayakan penggunaan sepeda yang lebih masif di Jakarta. Harapannya nanti lebih banyak lagi yang melakukan kegiatan seperti ini.

“Kami di Pemprov DKI memang sedang mendorong masyarakat menggunakan alat transportasi yg ramah lingkungan. Karena itu terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk fasilitas ramah lingkungan baik trotoar pejalan kaki, jalur sepeda, kendaraan umum, kita dorong supaya Jakarta menjadi kota yang lebih ramah lingkungan,” tulis Anies Baswedan.

Gubernur Anies mengatakan, menurut data Dishub, selama masa pandemi Covid-19 ini ada suasana baru di mana anggota masyarakat yang bersepeda di hari kerja di sekitar Sudirman-Thamrin mengalami lonjakan 10 kali lipat.

“Artinya, kita sudah mulai menyaksikan orang beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, tidak hanya sebagai alat olahraga,: sambungnya.

Pemprov DKI berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur bagi kendaraan ramah lingkungan dan pejalan kaki. Kita menargetkan untuk membangun jalur sepeda hingga 500 km di seluruh Jakarta, sekarang sudah terbangun 63km.

Anies menambahkan, dengan tersedianya infrastruktur yang nyaman, kami berharap akan lebih banyak lagi warga yang akan beralih bersepeda. Dan ketika sumber polusi berkurang, maka langit biru ada di Jakarta, beberapa bulan kita sudah rasakan itu.

(Foto: Tim RMOL.id)