Meninjau Vaksinasi Covid-19 di RSKD Duren Sawit

Jumat, 29 Januari 2021 | 20:50 WIB

Gubernur DKI Jakarta meninjau kesiapan RSKD Duren Sawit di Jakarta Timur yang merupakan salah satu rumah sakit yang dikonversi untuk melayani pasien terinfeksi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu.

Awalnya rumah sakit kelas A ini khusus melayani kesehatan jiwa dan penyalahgunaan narkoba. Tahun lalu, ketik dialihkan menjadi rumah sakit rujuian Covid-19, pembangunan gedung baru di RSKD Duren Sawit barus saja selesai.

“Alhamdulillah, dengan pengalihfungsian RSKD Duren Sawit, kita mendapat tambahan kapasitas perawatan Covid-19 hingga 200 tempat tidur isolasi,” tulis Anies Baswedan di laman Facebook miliknya.

Dari RSKD Duren Sawit ini juga kita mendapat tambahan kapasitas testing mobile lab PCR dengan kapasitas hingga 200 spesimen per hari. Kemampuan 3T (testing, tracing, treatment) RSKD Duren Sawit didukung sistem informasi manajemen rumah sakit yang mumpuni.

Hari Kami (28/1), Gubernur Anies Baswedan juga menyaksikan proses vaksinasi tenaga kesehatan tahap kedua.

Selain itu, orang nomor satu di Jakarta ini juga memeirksa gedung UPT P2KPTK2 milik Disdik yang ada di sebelah RSKD Duren Sawit, untuk mengkaji potensi diubah jadi tempat isolasi terkendali.

“Karena per 24 Januari kapasitas RS rujukan Covid-19 di Jakarta sudah terisi 86 persen, (dari) idealnya 60 persen. Kita harus menjaga keseimbangan penggunaan RS, sebab tidak hanya pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan,” demikian Anies Baswedan.

(Foto: Tim RMOL.id)