Bersepeda ke Pintu Air Manggarai

Selasa, 09 Februari 2021 | 05:25 WIB

Bersama sejumlah jajarannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi pintu air Manggarai untuk memeriksa debit air dan kondisi di titik strategis aliran sungai di ibukota itu.

“Sejak musim penghujan tiba, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta bersama masyarakat, berkerja sama, berkolaborasi melakukan langkah antisipisasi dan mitigasi terhadap potensi banjir dan genangan yang terjadi,” tulis Anies Baswedan di laman Facebook miliknya.

“Kita berusaha mengantisipasi musim hujan dengan mengupayakan tiga hal, yakni Siaga, Tanggap, Galang.,” sambungnya.

Pertama, Siaga, yakni seluruh jajaran memantau kondisi curah hujan yang ada di kawasan pegunungan. Jika terjadi hujan deras di wilayah hulu, wilayah Jakarta yang dilintasi 13 sungai mendapatkan peringatan dini dari BPBD Provinsi DKI Jakarta.

Kedua, Tanggap, program Gerebek lumpur sudah berlangsung sejak tahun kemarin masih terus berjalan. Pengerukan waduk dan situ di Jakarta juga rutin dikerjakan, kemudian pembersihan sendimentasi di saluran-saluran dikerjakan dengan massif, lalu kegiatan membangun sumur vertikal untuk drainase, memastikan semua pompa air berfungsi dengan baik, karena kita memiliki lebih dari 50 rumah pompa, hal lain adalah pengendalian pintu pintu air, jadi seluruh persiapannya sudah dikerjakan sejak tahun lalu. Supaya saat musim hujan datang kita posisinya siaga, dan tanggap.

Ketiga, menggalang berbagai pihak, berkolaborasi melakukan langkah antisipisasi dan mitigasi terhadap potensi banjir dan genangan yang terjadi. Dinas SDA siaga dengan pompa-pompa mobile, Dinas Gulkarmat sigap mengevakuasi warga dari lokasi-lokasi yang terendam, Dinas Sosial yang telah menyiapkan dapur umum, serta relawan dari berbagai LSM.

“Target kami di Jakarta untuk mengendalikan volume air hujan. Bila curah hujan dibawah 100mm, masih dalam kapasitas drainase kita dan harus bisa terkelola dengan baik. Bila dalam kondisi curah hujan ekstrem diatas 100mm, kita targetkan dalam waktu enam jam harus bisa menanggulangi genangan hingga surut,” tulisnya lagi.

(Foto: Tim RMOL.id)