Gubernur DKI Jakarta Kunjungi Cipinang Melayu

Rabu, 10 Februari 2021 | 01:05 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengunjungi RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Biasanya, kampung yang dilalui Kali Sunter ini setiap kali musim hujan terendam banjir yang amat tinggi. Tahun lalu, banjir sampai setinggi 3 meter.

Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berupaya keras menanggulangi banjir di Kampung Cipinang Melayu sehingga dalam musim hujan tahun ini tidak terendam banjir.

“Kita memberikan perhatian dan penanganan menyeluruh dari hulu Kali Sunter yang kerap kali menjadi penyebab utama dari luapan air ke kampung tersebut,” tulis Anies Baswedan di laman Facebook miliknya.

Dia menjelaskan, jajaran Pemprov DKI melakukan kegiatan Gerebek Lumpur dengan mengerahkan 15 eskavator di tanggul-tanggul dekat aliran Kali Sunter dan membuat sodetan sehingga debit air yang mengalir di Kali Sunter menjadi lebih terkendali.

Lalu, di sisi selatan Jakarta Timur Waduk Rangon dan Waduk Tiu dikeruk lalu kemudian disiapkan sodetan khusus sehingga air Kali Sunter dialirkan dan ditahan di waduk, baru mengalir ke sini dengan volume debit yang lebih terkontrol.

(Foto: Tim RMOL.id)