Keindahan Mistikal Gua Bawah Laut Suku Maya

Minggu, 21 Februari 2021 | 21:22 WIB

Fotografer dari New York, Martin Broen, mengabadikan keindahan mistikal gua-gua bawah laut yang selama ribuan tahun dijaga Suku Maya sebagai tempat suci.

Gua-gua itu berada di Cenotes, reivera Maya, Meksiko yang juga dikenal sebagai jaringan gua bawah laut terpanjang di dunia.

Di ladbible.com, Broen mengatakan, dirinya menyusuri lebih dari 60 gua antara Playa del Carmen dan Tulum. Sensasinya seperti memasuki planet-planet yang berbeda.

“Selama bertahun-tahun saya berusaha untuk mengabadikan keindahan dan keunikan gua-gua Cenotes dan sistem gua bawah laut,” ujarnya.

“Gua-gua ini dibentuk dalam waktu jutaan tahun di jaman es (ice ages) saat gua-gua ini kering, dan kemudian diawetkan oleh waktu ketika tingkat permukaan air naik dan gua-gua ini terendam,” sambungnya.

Sinar matahari tidak dapat menembus gua-gua bawah laut itu. Adalah sistem penerangan yang dibawa penyelam yang membuat gua demi gua di Cenotes menjadi tampak begitu agung.

Broen memotret objek bawah lautnya ini dengan kecepatan yang sangat rendah plus menahan nafas untuk menjaga stabilitas badannya. Di saat bersamaan, dia juga harus memperhatikan sungguh-sungguh gerak badannya sehingga tidak membentur formasi bebatuan di dalam gua.

(Foto: Tim RMOL.id)