Ke Fujian, Dubes Djauhari Susun Berbagai Rencana Kerjasama dengan China

Selasa, 09 Maret 2021 | 22:00 WIB

Dipimpin Duta Besar RI Djauhari Oratmangun, delegasi KBRI Beijing dan KJRI Guangzhou melakukan kunjungan ke Provinsi Fujian, Republik Rakyat China, Senin (8/3). Ketika berada di Kota Fuzhou, Dubes Djauhari dan Wakil Gubernur Guo Ningning membahas kerjasama Sister Province antara Fujian dengan Jawa Tengah, serta kerja sama Two Countries Twin Park.

Kerja sama provinsi kembar antara Jateng dan Fujian telah disepakati sejak 2014, dan telah berjalan baik di berbagai bidang, seperti perdagangan, kesehatan, dan peningkatan kapasitas. Ketika pandemi melanda, Fujian juga menjadi salah satu pihak yang memberikan donasi alat kesehatan ke Jawa Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Djauhari menyampaikan harapan agar kerja sama dapat semakin erat. Sementara Wagub Guo menyatakan keinginannya untuk kembali mengunjungi Jateng.

Kerja sama lain yang dibahas adalah Two Countries Twin Park melilbatkan kawasan industri Yuanhong di kota Fuqing, dengan tiga kawasan industri di Indonesia yaitu Batang, Bintan, dan Semarang.

Hal lain yang juga dibahas dalam pertemuan adalah penanganan ABK WNI yang berada di wilayah Fujian. Dubes Djauhari sampaikan apresiasi atas penanganan yang telah dilakukan Pemprov Fujian, sambil meminta dukungan penyelesaian hak-hak dan upaya pemulangan para ABK tersebut selanjutnya.

Tim KBRI Beijing dan KJRI Guangzhou juga  meninjau kawasan industri Yuanhong dan beberapa perusahaan termasuk pabrik pengolahan tepung milik pengusaha Indonesia, pabrik cold storage produk-produk perikanan dan pabrik makanan beku untuk melihat proses manajemen supply-chain, dari penyiapan hingga pengemasan produk makanan.

Delegasi juga berkesempatan mengunjungi pabrik LED BOE di kota Fuqing, untuk melihat kecanggihan proses produksi yang semuanya dilakukan robot secara otomatis, dan perusahaan petrokimia Yutime yang memfokuskan sektor biodegradable materials dan eco-agriculture untuk lini usahanya ke depan.

(Foto: Tim RMOL.id)