Yuri Gagarin Telah Hadir di Jakarta

Kamis, 11 Maret 2021 | 09:58 WIB

Untuk mengenang 70 tahun hubungan diplomatik dengan Republik Indonesia, Federasi Rusia mempersembahkan patung kosmonot Yuri Gagarin yang ditempatkan di Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta.

Patung perunggu setinggi 282 cm dengan lebar antar lengan 225 cm, lebar dasar 145 x 175 cm, dan berat 500 kg adalah karya dari seniman Rusia  A.D. Leonov.

Yuri Gagarin adalah manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada April 1961 dengan menggunakan wahana Vostok I.

Duta Besar Federasi Rusia Lyudmila Vorobiova menandatangani prasasti patung Yuri Gagarin itu dalam upacara di Balaikota Jakarta yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Menlu Mahendra Siregar, Rabu (10/3).

Deputi Walikota Moskow Sergey Cheremin juga hadir dalam kesempatan itu.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan mengingatkan bahwa kedua negara menjalin hubungan erat sejak lama. Salah satu legacy dari hubungan baik kedua negara adalah RS Persahabatan di Jakarta Timur, yang di era pandemi Covid-19 ini memainkan peranan vital.

Rumah sakit tersebut dibangun antara 1961 sampai 1963 oleh pemerintah Uni Soviet, nama lama Federasi Rusia.

“Kami menyambut baik momen perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dan kerja sama Sister City Jakarta-Moskow yang terjalin sejak 2006,” ujar Anies Baswedan.

“Ini sebuah kehormatan bagi kota Jakarta, semoga kehadiran patung Yuri Gagarin juga bisa menginspirasi anak-anak di Jakarta dan Indonesia untuk menggapai cita-citanya setinggi mungkin,” ujarnya lagi.

(Foto: Tim RMOL.id)