Di Jantung Kampung Luar Batang

Senin, 15 Maret 2021 | 20:25 WIB

Kampung Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara, merupakan salah masjid bersejarah tertua di Jakarta.

Jantung kehidupan kampung ini adalah Masjid Luar Batang yang didirikan Habib Husein bin Abubakar Alaydrus tahun 1739. Habib Husein dimakamkan dalam kompleks masjid ini pada 1756.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengunjungi masjid itu hari Senin (15/3). Dalam kunjungan itu, Anies dan rombongan ikut shalat Subuh berjamaah.

“Pemprov DKI Jakarta telah menetapkannya sebagai Masjid Cagar Budaya sejak 1993 dan merupakan Destinasi Wisata Bahari di Jakarta Utara. Sebelum pembatasan pandemi, puluhan bahkan ratusan bus dan ribuan orang setiap harinya yang berkunjung ke Masjid Keramat Luar batang ini untuk berziarah ke makam sang pendirinya Habib Husein bin Abubakar Alaydrus,” ujar Anies.

Masjid Luar Batang terakhir direnovasi pada 2008, era Gubernur Fauzi Bowo. Sementara renovasi yang tengah berlangsung tidak hanya untuk masjid, tapi juga Kawasan Luar Batang secara keseluruhan.

Revitalisasi tahap pertama pada interior masjid hampir tuntas dan saat ini tengah memasuki tahap kedua berupa pemasangan kanopi.

Di masa depan, Kampung Luar Batang akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya religi di pesisir Jakarta, bersama Kampung Akuarium di sebelahnya yang juga sedang dibangun kembali setelah digusur tahun 2016.

(Foto: Tim RMOL.id)