Memakmurkan Masjid Jakarta

Kamis, 18 Maret 2021 | 08:42 WIB

Diharapkan semakin banyak masjid di Jakarta yang ramah lingkungan, dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. Serta, menjadi referensi masjid ramah lingkungan untuk masjid-masjid di tempat lain.

Harapan itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika menghadiri pelantikan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta Masa Khidmat 2020-2025 oleh Ketua Umum DMI sekaligus mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di Balai Kota, Rabu (17/3).

Anies mencontohkan dalam hal pemanfaatan air.

“Di masjid kita pasti memanfaatkan air, dan pemanfaatan air di Jakarta merupakan salah satu barang yang ada unsur kelangkaannya. Apalagi di tempat yang air bersihnya terbatas, sehingga ini perlu ada solusi. Dan kami di DKI sudah menyiapkan panduannya, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut,” ujarnya lagi.

“Kami berharap kepengurusan DMI sekarang menempatkan masalah lingkungan hidup sebagai masalah penting untuk diselesaikan. Kontribusi masjid di dalam pengelolaan lingkungan menjadi amat penting,” masih kata Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengutip pesan Jusuf Kalla dalam pelantikan yang mengatakan, “Masjid harus kita makmurkan, tapi lebih penting kita makmurkan masyarakatnya.”

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta mendukung dan memberikan bantuan untuk seluruh rumah ibadah semua agama dalam bentuk Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI), begitu juga para pekerja agama.

“Kita ingin semua merasakan kesetaraan dalam beribadah di Jakarta,” demikian Anies Baswedan.

(Foto: Tim RMOL.id)