Memperingati Ulang Tahun Kim Il Sung

Kamis, 15 April 2021 | 23:09 WIB

Pendiri Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea (PPIK) Rachmawati Soekarnoputri mengunjungi Kedutaan Besar Republik Rakyat Demokratik Korea untuk memperingati ulang tahun pendiri Korea Utara Kim Il Sung dan kunjungannya ke Indonesia pada tahun 1965, Kamis (15/4).

Dalam kesempatan itu, Rachmawati didampingi Ketua PPIK Ristiyanto dan Sekjen PPIK Teguh Santosa, dosen senior Universitas Bung Karno (UBK) Eko Surjosantjojo, dan Ketua Hubungan Luar Negeri Partai Gerindra Irawan Ronodipuro.

Dubes Korut An Kwang Il mengatakan, ada beberapa alasan mengapa kunjungan Presiden Kim Il Sung pada tahun 1965 tersebut sangat spesial.

Pertama, kunjungan itu dilakukan di saat yang tepat dalam rangka memperkuat pondasi hubungan kedua negara di tengah dinamika dunia internasional saat itu. Jejak dari pertemuan masih dirasakan saat ini, di mana kedua negara memiliki hubungan yang amat baik.

Kedua, kunjungan yang dilakukan dari tanggal 11 sampai 20 April 1965 itu merupakan satu-satunya perjalanan keluar negeri yang dilakukan Kim Il Sung bersama dengan Kim Jong Il yang kelak menggantikannya di tahun 1994.

Ketiga, di dalam kunjungan itu, Kim Il Sung merayakan ulang tahunnya yang ke-53. Lalu  dalam kunjungan itu juga Presiden Sukarno menyerahkan bunga anggrek kepada Kim Il Sung yang kelak dikenal sebagai Bunga Kimilsung dan menjadi salah satu simbol penting bagi Korea Utara dan persahabatan negara itu dengan Indonesia.  

Setelah meletakkan bunga di altar Kim Il Sung di Kedubes Korut, Rachamawati menyempatkan diri menyaksikan pameran foto yang memperlihatkan perkembangan Korea Utara.

(Foto: Tim RMOL.id)