Gubernur DKI Buka Musrenbang 2021

Jumat, 16 April 2021 | 04:40 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021, Kamis (15/3).

Dalam Musrenbang itu yang dihadiri Anies berpesan agar jajaran Pemprov DKI Jakarta fokus menunaikan agenda yang telah menjadi komitmen pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Bappeda DKI Jakarta akan menyisir semua program RPJMD yang telah diturunkan menjadi Kegiatan Strategis Daerah (KSD), dan memastikan pada tahun 2022  semua rencana tersebut dapat dituntaskan.

“Pekerjaan rumah besar kita dalam RPJMD adalah penuntasan program-program sosial kemasyarakatan. Kita mengalami kontraksi ekonomi akibat pandemi, masalah kesejahteraan rakyat (kesra) skalanya juga membesar,” ujar Anies Baswedan.

Dia juga mengatakan, bahwa tantangan yang dihadapi Jakarta untuk pemulihan dari masa pandemi tidak sederhana. Karena itu perlu banyak terobosan, kebaruan dalam cara-cara bekerja, yang berbeda dengan masa sebelumnya.

“Pembangunan di Jakarta harus direncanakan secara gotong royong atau kolaboratif, karena pelaku pembangunan di Jakarta bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga dari pihak swasta dan unsur masyarakat,” ujarnya lagi.

Anies menekankan, pada tahun 2022 pihaknya akan lebih serius menuntaskan program-program yg berkaitan kesra langsung khususnya di aspek kesehatan, pendidikan dan UMKM.

“InsyaAllah kita bisa mencapai apa kita semua harapkan: Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya,” demikian Anies Baswedan.

(Foto: Tim RMOL.id)