Anies Baswedan dan Sadiq Khan Bahas Perubahan Iklim

Kamis, 05 Agustus 2021 | 01:45 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Walikota London Sadiq Khan memiliki kepedulian yang sama dalam isu perubahan iklim yang berdampak pada semua kota di muka bumi.

Kedua pemimpin kota anggota C40 Cities ini bertemu secara virtual hari Rabu (4/8).

Anies Baswedan mengatakan, walau Jakarta tidak memiliki hubungan sister city dengan London, namun penting untuk membangun kolaborasi dengan pihak-pihak lain untuk mengatasi krisis iklim dengan menjadi kota berketahanan dan nol emisi.

“Semua itu dikerjakan dengan semangat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, terlebih di masa pandemi seperti ini, kami optimis Jakarta akan bangkit dan menjadi lebih tangguh dalam setiap situasi krisis,” katanya.

Anies juga mengatakan, Jakarta dan London memiliki karakteristik yang mirip. Sebuah wilayah metropolitan yang besar hasil dari aglomerasi dan tulang punggung perekonomian nasional diberikan posisi khusus sebagai ibu kota negara.

“Bukan hanya itu baik Jakarta maupun London juga memiliki kesamaan diplomasi iklim di forum C40 maka dari itu kami di Jakarta siap berkolaborasi dan bertukar pengalaman antar dua kota sehingga upaya untuk membuat kedua kota lebih berketahanan iklim akan menjadi lebih kuat,” katanya lagi.

Anies juga menambahkan, pihaknya mengundang Walikota Khan untuk mengambil bagian sebagai salah satu pembicara utama untuk acara kami, “Jakarta Investment Forum 2021” yang akan diadakan pada November nanti.

(Foto: Tim RMOL.id)