V4 Header Left - Instagram
V4 Header Right - Youtube

Firli Bahuri dan PAKU Integritas

Kamis, 07 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang Kementerian Pertanian untuk mengikuti pembekalan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas atau PAKU Integritas di Gedung Merah Putih, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (7/10).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam pemaparannya, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, PAKU Integritas merupakan amanat dari UU 19/2019 tentang KPK khususnya Pasal 6 Huruf a. Di dalam bagian itu disebutkan, KPK melakuan berbagai tindakan pencegahan tindak pidana korupsi melalui koordinasi dengan instansi yang berwenang dalam melaksanakan pemberantasan tindak pidana korupsi serta melakukan monitor atas penyelenggaraan pemerintahan negara.

"KPK tidak pernah lelah untuk membebaskan negeri dari praktik-praktik korupsi dan telah merumuskan berbagai strategi yang saat ini diusung yaitu pendidikan masyarakat supaya orang tidak ingin melakukan korupsi, pencegahan dengan perbaikan sistem dan penindakan yang profrsional supaya orang takut melakukan korupsi," ujar Firli.

Firli berharap kerjasama ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai langkah pencegahan korupsi antara lain melalui pendidikan dan latihan (Diklat) ahli pembangun integritas dan penyuluh anti korupsi di Kementrian Pertanian.

(Foto: Tim RMOL.id)