Galeri Header
V4 Header Left - Instagram
V4 Header Right - Youtube

Monumen Baru Bunga Kimilsung di Bogor

Rabu, 10 November 2021 | 18:50 WIB

Kedutaan Besar Republik Rakyat Demokratik Korea kembali meluncurkan Monumen Bunga Kimilsung di Kebun Raya Bogor, Rabu siang (10/11).

Monumen Bunga Kimilsung di Griya Anggrek, Kebun Raya Bogor, dibangun pertama kali pada 2007. Di kawasan inilah pada bulan April 1965 Presiden Sukarno menyerahkan sejenis anggrek Denrobium kepada Presiden Kim Il Sung.

Menyusul renovasi besar-besaran Griya Anggrek sejak dua tahun lalu, lokasi monumen Bunga Kimilsung itu pun dipindahkan ke sebuah pojok yang di sayap kanan sekitar 30 meter dari lokasi pertama.

Kedubes Korea Utara tidak sekadar memindahkan, tapi membangun monumen baru yang lebih besar menggunakan granit dari India dan Brazil.

Peresmian monumen baru Bunga Kimilsung ini dipimpin langsung Dubes Korea Utara An Kwang Il, dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian Luar Negeri, dan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, serta Sekjen PDI Perjuangan hasto Kristoyanto. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan melalui rekaman video.

Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia dan Korea Utara (PPIK) Ristiyanto, bersama Sekjen Teguh Santosa dan Penasihat Eko Surjo Santjojo juga hadir dalam upacara itu.

(Foto: Tim RMOL.id)