KPK Dipuji Bank Dunia

Kamis, 23 Desember 2021 | 21:44 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2021di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis sore (23/12).

Menurut Ketua KPK Firli Bahuri, hasil SPI 2021 dapat menjadi titik awal perbaikan sistem pencegahan dalam kerangka pemberantasan korupsi sebagaimana tertera dalam RPJMN 2020-2024.

Firli mengajak elemen bangsa maupun seluruh instansi dan lembaga negara untuk secara bersama-sama bersatu padu membangun budaya antikorupsi guna membebaskan negeri ini dari praktek-praktek korupsi.

Firli menambahkan, tugas KPK ialah memastikan anggaran yang dialokasikan oleh Presiden ke setiap institusi negara berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka mendorong perekonomian nasional. KPK hadir untuk memastikan tidak ada satu rupiah pun yang dikorupsi oleh penyelenggara negara.

“Untuk itu, koordinasi dan kerjasama antara KPK dan seluruh elemen bangsa, dimana Presiden dengan kesesuaian visi yang sama sangatlah penting untuk memimpin orkestra pemberantasan korupsi,” demikian Firli.

Dalam kesempatan yang sama, Bank Dunia diwakili Acting Country Director World Bank Indonesia dan Timor Leste, Iwan Gunawan, menyampaikan apresiasi atas inisiatif KPK  menyelenggarakan SPI 2021 untuk meningkatkan upaya-upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi di Indonesia.

(Foto: Tim RMOL.id)