Firli Bahuri Buka Kick Off Meeting Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20

Jumat, 04 Maret 2022 | 23:47 WIB

Problem never kills us, but it always bring us to be more stronger.”

Demikian antara lain disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri ketika membuka Kick Off Meeting Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20, Jumat (4/3).

Dalam sambutannya Firli Bahuri mengingatkan  peran aktivis 1998 yang merupakan motor dari gerakan reformasi yang mengangkat salah satu tema penting, yakni anti korupsi. Karena perjuangan pahlawan reformasi 1998, KPK berdiri.

“Kita memang tidak bisa menghindar dari permasalahan, tapi permasalahan tidak akan membunuh kita, selalu membawa kita menjadi lebih kuat,” ujarnya.

Firli Bahuri uuga menyinggung pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia dalam dua tahun terakhir. Sebagai orang yang optimis, Firli Bahuri mengatakan, kendala semestinya dijadikan peluang. Terkait dengan itu, tema presidensi Indonesia di G20, yakni “Recover Together, Recover Stronger”, menjadi relevan.

Firli Bahuri juga menyampaikan road map pemberantasan korupsi dari 2022 sampai 2045, dan perjalanan korupsi mulai dari pre-modern corruption, modern corruption, dan post-modern corruption.

Agar menjadi salah satu negara ekonomi kuat di dunia, Indonesia harus bersih dan bebas dari korupsi. Untuk itulah, KPK di bawah kepemimpinannya menawarkan konsep Orkestrasi Pemberantasan Korupsi.

(Foto: Tim RMOL.id)