55 Jaksa ke Kawah Candradimuka KPK

Rabu, 20 April 2022 | 18:15 WIB

Sebanyak 55 jaksa dari Kejaksaan Agung telah resmi bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Dalam pertemuan dengan 55 jaksa baru KPK yang diselenggarakan di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Rabu (20/4), Ketua KPK RI Firli Bahuri mengapresiasi kehadiran jaksa terbaik yang dikirimkan Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk memperkuat KPK.

Dalam sambutan, Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan pesan Jaksa Agung ST Burnahuddin yang menyatakan bahwa para jaksa dari Korps Adhiyaksa tersebut bagaikan dikirim ke kawah candradimuka. Jaksa Agung, sambung Ketua KPK, berharap jaksa baru di KPK tersebut banyak belajar, sehingga nanti saat kembali ke Kejaksaan memiliki kemampuan yang lebih dalam pemberantasan korupsi.

“Dan jikalau kembali diharapkan sudah siap tempur memperkuat jajaran Adhiyaksa dalam pemberantasan korupsi,” kata Firli.

Di hadapan para jaksa, Firli kemudian membeberkan empat persoalan kebangsaan yang harus diselesaikan secara bersama antara lain persoalan korupsi, bencana alam, terorisme dan radikalismen serta narkotika.

Menurut Firli, pada isu terorisme, radikalisme, dan narkotika masyarakat dan pemerintah telah berposisi siap siaga melindungi keluarga dan memerangi paparan serta sebarannya.

“Tetapi pada masalah korupsi tampaknya, kita semua masih kelu, belum satu barisan perjuangan, dan sulit berkomitmen,” ujar Firli.

Oleh karena itu, menurut Firli budaya antikorupsi perlu dibangun dan diperkuat, sehingga satu suara bisa membuka sebuah kasus, satu keberanian bisa membongkar serangkaian kejahatan, dan satu kejujuran bisa menutup kesempatan pencurian uang rakyat.

(Foto: Tim RMOL.id)