Anies Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Gembrong

Selasa, 26 April 2022 | 20:20 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari Selasa (26/4) mengunjungi kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur, yang ludes dilahap si jago merah sehari sebelumnya (Senin dini hari, 25/4).

Kebakaran tersebut menimpa 450 keluarga yang kini terpaksa tinggal di tenda pengungsian yang disiapkan pemerintah Jakarta. Selain menyediakan tempat tinggal sementara, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan bantuan seluruh kebutuhan dasar, makan/minum dan sandang. Dengan demikian warga tidak terlantar.

Anies Baswedan juga telah memerintahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mendata catatan kependudukan, sehingga dokumen yang terbakar dapat langsung disiapkan penggantinya.

Sementara para pedagang yang terdampak, akan disiapkan tempat berjualan oleh Pasar Jaya. Sebanyak 40 kios telah disiapkan.

“Mereka juga diberikan bantuan berupa modal agar mereka punya bekal awal untuk memulai lagi, apalagi menjelang akhir Ramadan yang terjadi perputaran perekonomian yang bisa mereka nikmati,” ujar Anies Baswedan.

Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, ada layanan pemulihan. Kita memberikan rehabilitasi psikis bagi anak-anak ataupun orang dewasa yang mengalami trauma. Pada fase ini adalah fase menyelamatkan dan memastikan kelangsungan hidup agar mereka sehat baik secara fisik maupun psikis.

“Kami di Pemprov DKI tidak akan membiarkan warga sendirian, kami akan dampingi, bantu, dan pastikan semua dukungan yang diperlukan bisa diberikan. Kami mengapresiasi para pimpinan masyarakat, baik RT, RW, LMK, Dinas Gulkarmat dan lain-lain yang telah bekerja non-stop membantu warga,” demikian Anies di laman Facebook miliknya.

(Foto: Tim RMOL.id)