Anies Baswedan Bagi Pengalaman Jakarta Pascapandemi di London

Jumat, 13 Mei 2022 | 00:52 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang melakukan kunjungan ke London, Inggris. Salah satu kegiatannya di negara itu adalah bertemu dengan mahasiswa doktoral pada diskusi bertema  “Jakarta Post-Pandemic: Smart Technology and Urban Life”.

Kegiatan ini digelar Doctoral Epistemic of Indonesian in United Kingdom (Doctrine UK) di King’s College, London, Rabu (11/5).

“Senang bisa berdiskusi dengan para mahasiswa doktoral, sebab riset yang teman-teman lakukan berdasarkan bukti empirik,” tulis Anies di laman Facebook miliknya.

Kebijakan pembangunan Kota Jakarta yang tepat sasaran seperti keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dan peningkatan pengguna sarana transportasi publik yang signifikan melalui sistem terintegrasi Jaklingko, juga diambil melalui penggunaan data dan informasi yang dihasilkan oleh penelitian ilmiah.

“Pelaksanaan program di Provinsi DKI Jakarta membutuhkan inovasi teknologi terbaru. Hal ini untuk mengatasi beragam tantangan dalam menata kota paskapandemi Covid-19. Dibutuhkan harmonisasi data dan pemanfaatan teknologi terbaru untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” sambungnya.

Anies Baswedan mengajak mahasiswa doktoral membantu program pemerintah. Hasil riset harus dapat diterapkan sebagai solusi mengatasi persoalan di lapangan. World class competence (kompetensi kelas dunia) harus diimbangi Grassroot understanding (pengetahuan akar rumput).

“Pesan untuk teman-teman yang sedang kuliah di luar, pasang selembar peta Indonesia di dinding kamar atau ruang kerja: sebagai pengingat tiap waktu bahwa di tanah air itulah kita akan mengabdi tanpa batas,” sambungnya.

Dia juga mengatakan, setelah tamat sekolah, jangan pulang cepat-cepat. Tambahkan pengalaman bekerja, bangun jejaring internasional baru, bantu teman-teman di Indonesia yang membutuhkan jejaring luar.

“Sehingga saat pulang nanti membawa ilmu, pengalaman dan jejaring, lalu manfaatkan semua itu untuk ikut menjawab tantangan-tantangan bangsa tercinta ini,” demikian Anies Baswedan.

(Foto: Tim RMOL.id)