V4 Header Left - Instagram
V4 Header Right - Youtube

Africa Day 2022 di Jakarta

Jumat, 27 Mei 2022 | 23:06 WIB

Resepsi Hari Afrika 2022 digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat malam (27/5) dan dihadiri oleh korps diplomatik negara-negara Afrika di Jakarta.

Hari Afrika atau Africa Day sebelumnya dikenal sebagai Hari Kemerdekaan Afrika atau Hari Pembebasan Afrika. Perayaan ini untuk memperingati pendirian Organisasi Persatuan Afrika atau Organization of African Unity (OAU) pada 25 Mei 1963 di Addis Ababa, Ethiopia.

Dalam Kongres di Durban, Afrika Selatan, 9 Juli 2002, nama organisasi ini berubah menjadi Uni Afrika atau African Union.

Peringati Hari Afrika 2022 di Jakarta diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan himne Uni Afrika. Setelah itu, sambutan pertama disampaikan Utusan Khusus Seychelles untuk ASEAN, Nico Barito.

Selanjutnya, Ketua Grup Dutabesar Afrika di Indonesia, Ouadia Benabdellah yang merupakan Dubes Kerajaan Maroko untuk Indonesia, memberikan sambutan mewakili koleganya sesama Dubes negara Afrika.

Pejabat yang hadir dari pihak Indonesia adalah Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Usai sambutan-sambutan, Teten Masduki bersama seluruh korps diplomatik Afrika di Indonesia memotong kue ulang tahun.

Peringatan Hari Afrika 2022 juga diisi dengan penampilan kelompok musik bernuasan Afrika dan tarian dari Kalimantan Timur.

(Foto: Tim RMOL.id)

  • tags