Pergelaran 'Lawas Gak Lawasan'

Selasa, 04 Oktober 2022 | 10:38 WIB

Kelompok Sapawastra memperingati Hari Batik Nasional 2022 dengan sebuah pergelaran unik bertajuk “Lawas Gak Lawasan” yang digelar di Warung Tuman, BSD, Tangerang Selatan.
 
Dalam pergelaran itu, kelompok yang didirikan aktivis perempuan Nury Sybli menampilkan fashion show yang dibawakan oleh peremuan-perempuan pecinta kain nusarantara.

“Saya mengusung tema ‘Lawas Gak Lawasan’ ingin menampilkan gaya baru yang chik, kasual tanpa harus meninggalkan unsur tradisi yang sudah ada. Memakai batik tak harus diwiron, begitu juga kebaya tak melulu harus dengan sanggulan,” ujar Nury  dalam keterangannya.

Para peraga mengenakan aneka kebaya kembang, batik lawasan dari berbagai daerah seperti Lasem, batik tiga negeri, pekalongan, sogan dan lainnya dipadankan dengan alas kaki sneaker, sepatu boots dengan aksesoris obi dan kemben bahkan kaus kaki panjang.
 
“Saya mendandani teman-teman seperti ini sebagai upaya menginspirasi perempuan lainnya bahwa berkebaya bisa gaya, berkain batik lawasan juga bisa untuk busana kerja atau menikmati secangkir kopi dengan teman,” kata Nury lagi.

(Foto: Tim RMOL.id)