Rapat Korea Utara Meriah

Rabu, 01 Februari 2023 | 11:22 WIB

Rapat yang digelar Perhimpunan Persahabatan dan Pertukaran Kebudayaan Indonesia-Korea untuk membentuk panitia persiapan haul Kim Jong Il, hari Selasa (31/1) berlangsung meriah. Rapat dipimpin Ketua Umum Perhimpunan, Teguh Santosa, dan dihadiri Sekretaris Kedutaan Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) di Jakarta, Ri Chong Ryul bersama Atase Politik An Hak Jin, serta Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Ristiyanto dan anggota Dewan Pembina Eko Surjosantjojo.

Di sela rapat Sekretaris Kedutaan RRDK Ri Chong Ryul memutar film pendek yang memperlihatkan perkembangan terakhir di Korea Utara yang dipenuhi dengan gambaran kemajuan.

Sejumlah anggota Perhimpunan yang juga hadir di ruang pertemuan tak sungkan mengajukan pertanyaan kepada Sekretaris Ri. Misalnya, apakah senjata-senjata baru yang diproduksi RRDK belakangan ini, terutama di era pandemi di saat Korea Utara menutup rapat-rapat perbatasan dengan China dan Rusia, diproduksi sendiri oleh Korea.

Sekretaris Ri dengan mantap menjawab, “Ya, tentu saja.”

Anggota yang lain mengajukan pertanyaan yang lebih sederhana, apakah jaket hangat, baju, sampai mainan anak-anak juga dibuat sendiri oleh Korea Utara.

Semua pertanyaan itu, dijawab yakin oleh Sekretaris Ri.

“Terkadang, situasi tertutup membuat Anda jadi lebih bisa memaksimalkan semua potensi,” ujarnya.   

(Foto: Tim RMOL.id)