Rekaman Kekejaman Shah Reza Pahlevi

Kamis, 09 Maret 2023 | 21:48 WIB

Terletak di Jalan Yarjani, di pusat Tehran, ibukota Iran. Sekarang dikenal sebagai Museum Ebrat. Ini adalah bangunan paling menyeramkan sebelum Revolusi Iran di tahun 1979 berhasil menumbangkan kekuasaan Shah Reza Pahlevi.

Gedung bundar berlantai tiga yang dibangun pada 1932 ini sejak tahun 1957 difungsikan sebagai penjara bagi lawan-lawan politik Shah Reza Pahlevi. Penjara ini dikelola oleh Organisasi Intelijen dan Keamanan Negara atau Sâzemân-e Ettelâ’ât va Amniat-e Kešvar (SAVAK).

Tidak hanya ditahan, mereka yang dicap sebagai oposan anti pemerintah, baik pria maupun wanita, mendapatkan siksaan yang begitu rupa. Tidak sedikit yang meregang nyawa.

Gedung ini difungsikan sebagai museum sejak tahun 2002. Pemerintah Iran menghadirkan rekaman kekejaman rezim Shah Reza Pahlevi dengan sangat vivid.

Sejumlah tokoh pergerakan Iran yang pernah disekap di tempat ini antara lain adalah Seyyed Mahmoud Taleghani, Ali Shariati, Mohammad Javad Bahonar, dan Akbar Hashemi Rafsanjani. Pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Khamenei, pun termasuk tokoh yang pernah disekap dan disiksa di tempat ini.

Redaksi Kantor Berita Politik RMOL mengunjungi penjara itu pertengahan Februari lalu. Berikut adalah foto-foto yang memperlihatkan suasan di dalam bekas penjara itu.

(Foto: Teguh Santosa)