Kekuasaan yang Tidak Berpindah

Sabtu, 06 Mei 2023 | 10:01 WIB

Bakal calon Presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menggelar konferensi pers bersama tim delapan di kantor pemenangan Jalan Brawijaya, Jumat (5/5). Dalam jumpa pers itu, Anies mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah nama yang diusulkan untuk mendampingi dirinya dalam Pilpres 2024 mendatang. Namun belum saatnya nama-nama itu dipublikasikan.

Sementara di akun Facebook miliknya, Anies mengatakan bahwa pemilik kekuasaan kekuasaan di Republik Indonesia adalah rakyat.

Dengan demikian, Pemilu 2024 bukan tentang hilangnya kekuasaan atau perpindahan kekuasaan, karena kekuasaan sejatinya tidak pernah pindah.

“Yang berpindah dan berganti itu kewenangan dalam menjalankan kekuasaan,” tulisnya.

“Jadi kalau ada yang merasa kekuasaan di tangan dirinya, maka dia sedang tidak menghargai prinsip-prinsip dasar dalam sebuah demokrasi. Karena prinsip dasar demokrasi kekuasaan ada di tangan rakyat,” sambungnya.

Anies juga mengatakan, selama Ramadan 1444 Hijriah yang lalu, dia berkesempatan untuk tirakat, mendengar, membaca dengan mata hati, dan merasakan suasana terkini, kondisi terakhir rakyat. Dari interaksi tersebut kami memperoleh keyakinan bahwa negeri ini membutuhkan perbaikan dalam banyak aspek kehidupan, terutama yg berkaitan dengan hadirnya keadilan sosial.

“Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan menyambut dengan optimis dan penuh keyakinan bahwa Pemilu 2024 akan menjadi momentum bagi hadirnya perbaikan itu,” demikian Anies.

 

(Foto: Tim RMOL.id)